Selasa, 14 Juli 2020

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMP Negeri 1 Surian

    

Kontributor Naskah : Marista Annisa Nur W.I, S.Pd.,Gr

    Ditengah Pandemi virus Covid-19, membuat kita semakin harus beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan sekitar.  Tidak terkecuali oleh seluruh warga sekolah. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kegiatan pembelajaran di awal tahun pelajaran 2020-2021 dimulai pada hari senin tanggal 13 Juli 2020. Namun,sesuai dengan intruksi dari Kementrian Kesehatan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bahwa yang boleh membuka sekolah kembali ditengah wilayah hanya wilayah yang termasuk dalam zona Hijau, maka Bupati Sumedang pun merespon cepat dengan mentiadakan sementara kegiatan pertemuan, dan bahkan membuka sekolah kembali.

    Kenapa? Karena Sumedang masih termasuk dalam zona Kuning. Namun, pembelajaran tetap lah harus terus berjalan. Peserta didik baru pun butuh bimbingan dan arahan mengenai segala bentuk aktivitas dan kultur budaya sekolah agar mereka mampu beradaptasi dari jenjang sekolah dasar menjadi sekolah menengah pertama. Untuk mengakomodir hal tersebut maka SMP Negeri 1 Surian tetap melaksanakan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tanggal 13 Juli sampai dengan 15 Juli 2020. Lalu bagaimana caranya?  Caranya yaitu dengan mengadakan kegiatan MPLS dalam jaringan (daring). Apa bisa dilakukan di Surian? Tentunya bisa, karena keterbatasan ruang gerak tersebutlah kami para dewan guru menyiasatinya dengan mengadakan kegiatan MPLS melalui media Whatsapp.


        Di zaman teknologi seperti sekarang ini media elektronik sudah bukan merupakan hal yang langka, bahkan siswa sekarang telah terbiasa menggunakan berbagai fasilitas dalam aplikasi di media elektronik salah satunya Whatsapp. Mengapa Surian memilih whatsapp sebagai media kegiatan MPLS? Sebab whatsapp merupakan aplikasi serta alat komunikasi yang mudah di pelajari dan murah kuota bagi peserta didik yang baru saja melangkah ke jenjang pendidikan menengah pertama.  Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memberikan materi melalui kolom komentar ataupun video yang dapat disimak oleh peserta didik kemudian dengan dipandu pembawa acara peserta didik dipersilahkan untuk berdiskusi dengan pemateri.


    Kegiatan MPLS pada tahun ini bertemakan Menggali Kebaikan dan Potensi Diri dengan Memaksimalkan Pembelajaran dari Rumah. Tema ini dipilih karena kondisi darurat yang tengah kita alami. Tentunya tema ini memiliki tujuan untuk menyemangati peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh, menumbuhkan motivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan lebih efektif ditengah keterbatasan, menggali kebermanfaatan dalam setiap pembelajaran yang akan di terapkan di tahun pelajaran ini baik bagi peserta didik, guru maupun lingkungan sekitar.

    Kegiatan ini telah berjalan kurang lebih selama 2 hari. Dalam pelaksanaannya Alhamdulillah tidak ditemukan kedala yang berarti baik panitia maupun peserta didik. Kegiatan ini diikuti lebih dari setengah jumlah peserta didik yaitu 38 dari 67 peserta didik kelas 7. Dalam kegiatan ini disisipkan beragam ilmu seperti akhlakul karimah, wawasan wiyata mandala, pendidikan karakter sebagai pelajar , kurikulum dan pembelajaran yang akan dilaksanakan selama 1 tahun, serta kesadaran berbangsa dan bernegara. Ilmu-ilmu tersebut sangatlah bermanfaat bagi peserta didik yang sebentar lagi menginjak usia remaja dibutuhkan bimbingan serta pembekalan karakter yang baik.

    Dalam pelaksanaannya, para peserta didik terlihat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan MPLS hal ini terlihat dari seluruh peserta telah menyimak materi dari bapak/ibu guru. Kemudian pada pembukaan sesi Tanya jawab ataupun kuis peserta didik aktif mengikutinya. Semoga dihari terakhir esok antusiasme peserta didik tidak berkurang sedikitpun agar ilmu ataupun materi  pada kegiatan ini menjadi bermanfaat dan terserap dengan baik oleh para peserta didik. Tetap semangat di tengah pandemi dan jaga selalu kesehatan serta patuhi protocol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Akhir kata Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar